Bidang Studi Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang
diujikan dalam ujian nasional di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk
tahun 2013. Jumlah soal yang disajikan sekitar 50 soal yang terdiri dari
soal pilihan berganda dengan 5 (lima) option ; A, B, C, D, dan E.
Berikut ini kami sampaikan materi soal UN SMK 2013 mengacu pada
Kisi-kisi Soal UN SMK tahun 2013 yang diberikan BSNP Indonesia.
Materi yang harus dikuasai siswa / siswi berdasarkan kisi-kisi diantaranya :
Kompetensi
Listening (Mendengarkan).
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal, transaksional, monolog
sederhana dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
1. Pictures
Indikator
- Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di
- luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.
- Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar.
2.Questions/Statements-Responses
Indikator
- Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/pendapat.
- Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang mengungkapkan sebuah undangan/penawaran.
- Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan
yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan
seseorang/kondisi suatu benda/tempat.
3. Short Conversation
Indikator
- Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari
percakapan lisan singkat tentang kegiatan sehari-hari/kegiatan yang
sedang berlangsung.
- Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari
percakapan lisan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang
keadaan suatu barang.
- Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu perijinan/perjanjian.
- Menentukan gambaran umum/informasi tersirat dari percakapan lisan
singkat tentang kegiatan masa lampau/pendapat terhadap sesuatu hal
(benda/tempat/masalah).
4. Short Talk (Monolog)
Indikator
- Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi
rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang
proses pengerjaan/pengoperasian suatu alat/tips melakukan sesuatu.
- Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi
rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat
berbentuk pengumuman singkat/iklan singkat/brosur suatu produk.
Kompetensi
Reading (Membaca).
Memahami dan merespon makna dalam wacana tulis interpersonal dan
transaksional, esai/monolog pendek dan teks fungsional pendek berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
5. Error Recognition
Indikator
- Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/peraturan atau penolakan.
- Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/tempat wh-questions.
- Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang
menyatakan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/benda atau
profesi seseorang.
- Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/pilihan tindakan.
- Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang
menyatakan perasaan seseorang terhadap sesuatu/pendapat seseorang.
6. Reading Comprehension
Indikator
- Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dalam
surat/memo/pesan/e-mail bersifat bisnis.
- Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dari
deskripsi perusahaan/profil perusahaan.
- Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa pada
deskripsi pekerjaan seseorang di waktu lampau/job descriptions.
- Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi
rinci/informasi tersirat, atau makna kata/frasa dalam sebuah teks
procedure dalam bentuk a.l. manual/ resep/ petunjuk/instruksi atau
iklan.
Kompetensi
Writing (Menulis).
Mengungkapkan dan merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek dan
esai sederhana bentuk recount/news item/procedure secara akurat dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.
7. Incomplete Dialog
Indikator
- Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu kemungkinan/ pemberian pendapat.
- Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi penawaran sesuatu/perintah.
- Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran.
- Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/gerund.
- Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi suatu pilihan atau pemesanan barang/jasa.
- Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran.
- Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/penggunaan used to (kebiasaan waktu lampau).
- Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan datang/question tag.
- Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan waktu lampau/passive voice.
- Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung/present perfect tense.
8. Cloze Test
Indikator
- Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat
untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada surat bisnis berbentuk
surat lamaran kerja/memo.
- Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat
untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada sebuah
pengumuman/pemberitahuan.
- Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat
untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada iklan/brosur singkat.
Dengan berdasarkan kisi-kisi materi / SKL UN SMK bidang Bahasa Inggris
tersebut seyogyanya para guru di sekolah menengah kejuruan (SMK)
senantiasa berpedoman pada materi tersebut dalam memberikan
pengajarannya supaya lebih terfokus sehingga para siswa dapat mencapai
keberhasilan dalam ujian nasional di tingkat
0 komentar:
Posting Komentar